CCIP : MEDICAL CHECK UP

Thursday, March 17, 2016

Assalamualaikum .
Di post kali ini aku mau share seputar medical check up untuk program CCIP.
Jadi tanggal 19 Februari aku dapet email dari AMINEF untuk mengisi medical form dan melakukan medical check up (MCU). Hasil medical check up ini berpengaruh terhadap seleksi di Washington.

Adapun ketentuan pengisian medical form ini adalah :

1. Melakukan MCU di salah satu rumah sakit (boleh RS umum ataupun swasta)

MCU ini kaya biasa aja, tes darah, urin, rontgen, dll. Pastikan hanya melakukan test sesuai yang diminta AMINEF aja , biar ga over budget.

Setelah survey sana sini, akhirnya aku MCU di RS Tebet, Jakarta Sealatan. Disini biayanya sangat terjangkau, untuk MCU kemarin aku cuma bayar Rp.355.000. Sementara di RS lain rata-rata biayanya diatas 1 juta. Selain terjangkau, di RS Tebet dokternya juga bisa isi form Bahasa Inggris, jadi klop deh. (RS ini deket bgt sama kantorku yang di Pancoran, bulak balik kesana tinggal jalan kaki :D)

2. Melakukan TB Skin test/Mantoux

Test Mantoux juga aku lakuin di RS Tebet. Biayanya Rp.155.000 sudah termasuk obat & biaya doket (di RS lain setau aku biayanya bisa 300-500ribu).

3. Melakukan Vaksinasi 

Ada 3 vaksinasi yang harus kita lengkapi , yaitu:

  1. Vaksinasi polio (3 dosis) 
    Vaksin polio biasanya udah kita lakuin waktu kecil. Pastikan sama orang tua kita udah dapet 3 dosis belum, dan coba inget-inget tanggal vaksinasi nya. Kalau belum, silakan lengkapi dosisnya. Aku pribadi udah dapet 3 dosis vaksin polio, jadi ga vaksin lagi.
  2. Vaksinasi DPT (3 dosis)
    Vaksin DPT pertama udah kita dapet pas kita baru lahir. Dan vaksinasi terkahir harus dalam kurun waktu 10 tahun. Seingatku dalam 10 tahun aku ga pernah vaksin apa-apa, jadi aku harus ambil 2 dosis vaksin DPT lagi.
  3. Vaksinasi MMR (2 dosis)
    Vaksin ini adalah vaksin wajib kalau kita mau ke Amerika. Kita harus di vaksin maksimal 6 bulan sebelum keberangkatan. 2 dosis ini ga langsung sekaligus ya, tapi disuntik 2x dengan jeda 1 bulan. 
Untuk vaskin aku suntik di http://rumahvaksinasi.net/ . Kenapa suntik disana dan bukan di RS?
Karena stok vaksin DPT & MMR langka saudara-saudara!
RS banyak yang abis stock. Beruntung lah aku di Jakarta dan ada penyelemat si Rumah Vaksinasi ini.
Kasian yang diluar Jakarta mereka pusing nyari vaksin.
Selain itu biaya vaksinasi di Rumah Vaksinasi juga lebih terjangkau dibandingkan di RS.
Biaya untuk 1 dosis DPT & 1 dosis MMR itu Rp.625.000 . (aku harus vaksin 2x jadi total biaya vaksinasi Rp.1.250.000)

AMINEF akan mengcover biaya MCU dan vaksin sebesar 1.000.000 (satu juta rupiah). Jadi kita harus pinter-pinter cari rumah sakit yang bisa isi form dalam Bahasa Inggris tapi juga terjangkau biayanya.

Segera lakukan MCU setelah terima email dari AMINEF, jangan ditunda-tunda. Pengisian medical form itu gampang-gampang susah, pastikan kalian ga MCU mepet deadline jadi kalau ada hal yang harus di revisi di medical form masih ada waktu buat ngerevisinya.



You Might Also Like

0 comments