CCIP : ALL ABOUT ESSAY

Wednesday, March 16, 2016

Assalamualaikum.
Kembali lagi membahas seputar beasisawa CCIP , kali ini aku mau bahas si essay-essay yang harus kita lengkapi di form aplikasi.

Di seleksi 2016-2017 7 essay yang harus kita tulis itu adalah :

1. Within your proposed field of study, what do you want to study?  Please describe in detail your specific areas of interest within your field of study. (Your response should be a minimum of two paragraphs.  Your response helps us to Match your interests with college programs.)

Di essay ini kita harus jelasin apa jurusan yang mau kita ambil di U.S beserta alasannya. Kalian juga harus sebutin fokus area yang mau diambil. Misal kalian ambil jurusan Business Management & Administration dan ambil spesifikasinya Marketing.

Tips : To the point & kasih alasan yang logic. Contoh aku ambil pariwisata karena sektor ini salah satu penyumbang devisa terbesar & tiap tahun pemerintah naikin budget promosinya.


2. Please describe your related experience within this field of study.  How would this program of study build on your past education, training, and/or experience?  If you are new to this field, why did you choose this Field?  (Your response should be a minimum of two paragraphs.  Your response helps us to match your interests with college programs.)

Di essay ini kita harus jelasin pengalaman kita yang berhubungan dengan jurusan yang mau kita ambil. Kalau kalian ambil jurusan baru yang ga sesuai sama pendidikan sebelumnya, jelasin juga apa alesannya.

Tips : Ini ga terlalu susah kalo kalian punya pengalaman, pekerjaan, dan jurusan yang sama. Aku di essay ini tinggal nulis kalau aku lulusan SMK jurusan pariwisata, sekarang kerja di Travel Agent, dan pilih jurusan pariwisata lagi buat ningkatin skill & knowledge.

3. Please describe your future professional and personal goals.  How would the CCI Program help you to achieve these goals?  (Your response should be a minimum of one paragraph.  Your response helps us to match your goals with college programs.)

Di essay ini kita harus jelasin plan atau rencana kita dimasa depan dan alasan kenapa CCIP ini bisa membantu mencapai itu semua.

Tips : Buat goal yang masuk akal dan jangan terlalu berlebihan.


4. Please describe a problem or challenging situation in your educational, professional, or personal life and describe how you resolved it and what you learned from this situation.

Jelasin masalah-masalah kehidupan yang pernah kalian alamin. Misal jelasin masalah di sekolah atau di kantor. Boleh juga jelasin masalah personal tapi jangan sampe malah bahas mantan pacar -_- Jelasin gimana kalian solve masalah itu.


5. If you participate in this program, how do you think your contributions to your community will be different in five years?

Tips : Jelasin manfaat CCIP untuk kontibusi kamu di masyarakat dalam 5 tahun. Kalau aku di essay ini nulis"In 5 year, I will have my own travel agency that contributes to economic growth."


6. a.)  What part of U.S. culture are you eager to experience? Why?
    b.)  What would you like to share about your country and its culture with the people you meet who may have limited knowledge about it?

ini mah cincay lah ya, tinggal sebutin pengelaman/budaya apa yang pengen kita alamin di U.S nanti. Misalnya pengen ngerasain belajar & berinteraksi dengan para native speakers, ngerasain sistem pendidikan di Amerika, dll.


7. What do you think will be most challenging for you about being away from your home for a year and living in shared housing with diverse, multinational participants?  What steps will you take to overcome these difficulties?

Ini juga ga terlalu sulit. Point yang bisa kalian ambil misalnya culture shock, homesick, dll.

You Might Also Like

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Halo Abby. Blog nya helpful bgt buat bikin kita ada bayangan soal program ini. Hehehe. Thank you so much for sharing and writing.

    Oh iya aku mau nanya deh, itu di form pendaftaran kan ada keterangan Track One Certificate, Track Two Non Certificate; itu kita yang memilih atau nanti AMINEF yang menentukan kita bisa ambil yang mana?

    Nanti kita akan mempelajari semua area of concentration secara general dan menyeluruh atau kita hanya memilih satu konsentrasi saja?

    Terimakasih untuk waktunya :)

    ReplyDelete