CCIP : INTERVIEW

Thursday, January 21, 2016

Hai guys :)
How have you been?

pict from google


Di post ini aku mau share pengalaman aku wawancara untuk beasiswa CCIP.
Niatnya supaya kalian yang nanti wawancara punya gambaran, dan mudah mudahan ga terlalu nervous.

Jadi aku wawancara di kantor Aminef di Sudirman tanggal 14 Januari 2016. Jadwal wawancara jam 09.30 (aku peserta ketiga yang diwawancara).

Di ruangan ada 1 orang moderator , dan 4 orang panelis. 2 diantaranya orang Indonesia alumni fulbright, 2 sisanya orang asing. Wawancara dalam bahasa inggris :)

Pertanyaan nya sih seputar aplikasi & essay yang kita kirim aja. Ini bebrapa contoh pertanyaan yang aku dapet :

You have good grades, have you applied for a bachelor degree scholarship before?
Jawaban akikah : Yes, i did. I applied for Bidikmisi but failed.

Why you interested to study in the U.S?
Jawaban akikah : Because the native language of the U.S is English. And the education system in the U.S is really good.

What will you do after completing this program?
Jawaban akikah : I would like to return to my country to apply the experiences & knowledge that i have gotten.

Pertanyaan-pertanyaan umum seperti itu harus kita siapin jawabannya.
Ada juga pertanyaan yang rada unik, misal aku ditanya tentang MEA. Sempet bingung, akhirnya ngarang aja ngejawabnya haha.

Yang bule juga nanya gimana kalo pas di U.S aku ketemu orang yg racist sama muslim? aku jawabnya "i will kill them with kindness". terus dia senyum sambil bilang "wow, that's good".

Tips untuk wawancara :

1. Sarapan
Ini penting. Kalo laper kita bakal kurang konsentrasi. Dan malu aja gitu lagi diwawancara eh perutnya krubuk krubuk ckck.

2. Berdoa & Minta doa orang tua
Ini paling penting. Karena doa orang tua itu kan mustajab ;)

3. Smile
Ini bakal bikin kamu ga terlalu nervous & enak diliat sama pewawancara.

4. Joke
Kamu harus bisa mencairkan suasana dengan candaan.
Misal aku kan ditanya "Why you don't choose Japan? I see you hava a good score in Japanese" then i said "because i'd like to visit Hollywood". Terus mereka pada ketawa, dan yang bule bilang "Trust me, hollywood is not really good". Aku jawab lagi "Really? Then i have to change the itinerary. Maybe Newyork?" si bule ketawa lagi "haha, that's a better choice"

5. Impress Them
Kalian harus meninggalan "kesan" yang baik. Entah dengan attitude, joke, dll.

Tips lainnya menyusul deh, segitu dulu buat sekarang hehe.

Mudah-mudahan aku lolos ke tahap berikutnya yaa, jadi bisa share ceritanya lagi sama kalian #tsah







You Might Also Like

3 comments

  1. Oh my Ka Abby,,
    Aku ga tahu kalau aku di posisi itu bakal bs nge jokes atau ga,, soalnya ini aja baru mau nunggu hasil seleksi dokumen udh deg2 nyeesss,, apalagi kalau interview ya,,
    Hehehhe,,
    Btw, thanks for sharing. Semoga bs menyusul jejakmu ;)

    ReplyDelete
  2. Apa pns bisa ikut juga dalam program ini. Dan apa ada batas umur , sama status...?

    ReplyDelete