Cara Dapat Score 500 di TOEFL ITP

Thursday, November 19, 2015




Hai , reader :)
Aku mau share pengalaman ikut test TOEFL ITP beberapa waktu lalu. Jadi kalian yang mau ambil test ini punya gambaran test nya kaya gimana. Hasil test kemarin alhamdulillah lumayan, diatas target. Post ini buat temen-temen yang masih blank yaa. Jadi kalian yang bahasa inggrisnya udah gape mah gausah baca post ini, skip aja :)

Tentang TOEFL ITP itu apa & fungsinya buat apa silakan google aja yaa :)
Kalau ditulis disini nanti kepanjangan hehe.

Kemarin aku ambil test di UI Salemba, biayanya 350.000 . Dalam seminggu hasilnya udah keluar.
Kalau di tempat lain kaya ILP Pancoran dan LIA Pramuka biayanya lebih mahal, diatas 400.000.

Jadi TOEFL ITP itu dibagi 3 section, setiap section terdiri dari 50 soal. 
Sebelum test kita bakal dikasih lembar jawaban & buku soal. 

1. Listening Section.
Di listening ini dibagi jadi beberapa bagian. Ada short conversation, long conversation, dan yang rada susah itu bagian tentang perkuliahan, seminar, dll. Dibagian ini kita hanya boleh buka buku soal sesuai dengan soal yang dibacakan. Misal soal nomor 10 ada di halaman 5, nah selama mengerjakan soal no 10 kita hanya boleh buka halaman 5. Ga boleh buka halaman sebelumnya atau sesudahnya. Jadi kalau kalian ragu-ragu dan kurang cepet, soal itu harus di skip. 

Tips di listening section: 
Kalau kalian udah tau jawaban dari soal, tandain dulu aja. jangan langsung dibuletin di lembar jawaban. Karena pengalaman kemarin aku terlalu lama mikir & ngebuletin soal jadinya ketinggalan soal berikutnya. Buletin jawabannya bisa pas si speaker bacain instruksi (curi-curi waktu aja sebisa kalian) 


2.  Structure Section
Bagian ini sebenernya ga terlalu sulit, soalnya masih agak sederhana kaya cari sinonim, cari kata yang salah didalam kalimat, dll. TAPI yang jadi masalah adalah kita cuman dikasih waktu 25 menit buat ngerjain 50 soal. 

Tips di structure section :
Cari soal yang paling mudah dulu. Kalo kalian baca soal dan ga kebayang jawabannya, langsung skip. Di section ini kita boleh ko bulak-balik buku soal (tapi di structure section aja, ga boleh ke reading section). Nanti kalau udah sampai ke soal 50, kalian boleh balik lagi buat ngerjain soal yang kelewat. 
Di section ini langsung buletin jawaban yang kalian pilih, karena waktu terbatas.


3.  Reading  Section
Bagian ini cukup sulit & Tricky. Banyak artikel/bacaan yang panjang-panjang dengan kata-kata yang kurang familiar (istilah ekonomi , sains, dll). Dan yang bikin makin susah itu waktu yang dikasih buat ngerjain 50 soal cuman 50 menit. 

Tips di writing section : 
Baca dulu soalnya. Pahami apa yang ditanyakan, baru baca artikelnya dan cari jawabannya. 
Gausah baca artikelnya dulu, toh nanti kalian juga pasti bulak-balik baca artikel buat jawab soal. 
Sama kaya di structure section, kerjain soal yang lebih gampang dulu.
Pengalaman kemarin soal-soal gampang itu contohnya "the words .... refers to" atau "the words ..... has closest meaning to" dll. 

Itu tadi gambaran test TOEFL ITP beserta tipsnya. 
Ada beberapa tips lain yang mau aku share juga yaitu :

1. Latihan. Latihan. Latihan. 
    Latihan dengan berbagai jenis soal bakal ngebantu kalian menghadapi test ini. Untuk reading aku latihan pake buku Longman's bekas yang tebelnya kaya bantal. Tiap hari buku itu aku bawa ke kantor, dan aku latihan kalau lagi free. 
    Untuk listening aku latihan pake soal listening yang aku download dari google hehe. Selain itu nonton film barat tanpa subtitle (atau subtitle nya bahsa inggris juga) sama nonton video Ted di youtube. Aku juga sering latihan via VOA learning English. Pokonya modal internet banyak banget sumber buat belajar.
    Oiya aku juga latihan pake software namnya TOEIC test. Di software ini ada test lengkap mulai dari listening sampai reading selama 2 jam. Ini bagus buat ngelatih kemampuan konsentrasi kita. Ngerjain soal selama 2 jam itu ga gampang lho, pasti ada bagian dimana kalian ngantuk, jenuh, dan pusing (pengalaman pribadi ini mah wkwk)

2. Sarapan sebelum test
    Ini juga penting. Sarapan itu harus, karena test nya menguras energi. Kalau kalian ga sarapan, nanti bakal susah fokus.

3. Rileks & Berdoa
   Sebelum test tarik nafas panjang dan berdoa. Kalian mungkin nervous dan deg degan, tapi percayalah mungkin test nya ga seburuk yang kalian kira :) 



You Might Also Like

2 comments

  1. mba untuk tes toelf itp di UI ini mba datang di weekday / weekend? apakah ada minimal kuota untuk mengambil tes tersebut? terima kasih

    ReplyDelete
  2. thank you for sharing your experience kak :)

    ReplyDelete